Infopreneur Sukses 728x90

Selasa, 16 Agustus 2016

Jenis-Jenis Tendangan Beladiri

Tendangan dalam beladiri merupakan suatu gerakan penyerangan menggunakan kaki sebagai alat penyerang. Kaki dinilai memiliki power yang lebih kuat di bandingkan tangan namun untuk melatih tendangan tidak semudah melatih pukulan. serangan dari tendangan ke bagian tubuh atas lebih lambat dibandingkan dengan serangan menggunakan tangan. namun, jika tendangan dilatih terus menerus maka kecepatan tendangan bisa menyamai pukulan seperti pada aliran beladiri Taekwondo. bagi pemula, jika terjadi perkelahian dan belum begitu menguasai tendangan jangan sekali-kali melakukan tendangan ke arah tubuh bagian atas lawan. hal ini dapat berakibat fatal karena tendangan yang belum terlatih biasanya kurang seimbang dan pelaku tendangan akan mudah jatuh karena tubuh kurang seimbang. selain itu tendangan tinggi juga mudah untuk ditangkap apalagi lawan anda praktisi beladiri Pencak Silat bisa tamat riwayat anda. penggunaan tendangan bagi pemula dianjurkan pada serangan bagian tubuh menengah kebawah. tendangan redah tidak terlalu mempengarui keseimbangan apalagi tendangan yang mengarah ke bagian lutut.untuk itu sekali lagi saya tekankan jangan gegabah melakukan tendangan tinggi jika belum mampu mengusai tekniknya. Itulah sekilas mengenai tendangan.
Berikut jenis-jenis tendangan dalam beladiri: cekidot:

1. Tendangan Depan
    Tendangan depan merupakan tendangan yang paling dasar dari suatu aliran beladiri. Berbagai aliran beladiri memiliki sebutan tersendiri untuk jenis tendangan ini seperti mae geri pada beladiri karate, ap chagi pada beladiri taekwondo dan berbagai macam sebutan lainnya. biasanya tendangan jenis ini diajarkan bagi siswa pemula dalam belajar beladiri karena gerakannya yang mudah. Gerakan tendangan depan adalah mengangkat lutut kedepan setinggi sasaran kemudian mengayunkan tungkai kaki lurus kedepan ke arah sasaran dengan bagian telapak kaki bagian depan yang mengenai sasaran.
2. Tendangan Sabit
    Tendangan sabit adalah tendangan yang banyak digunakan saat berkelahi. Tendangan ini tergolong mudah dalam pelaksanaannya karena banyak orang yang tidak ada basic beladiri juga bisa melakukan tendangan ini. Tendangan sabit dapat dilakukan dengan cara memutar kaki bagian depan sambil mengangkat kaki belakang ke depan kemudian mengayunkan kaki yang diangkat tersebut dari arah samping luar ke arah dalam seperti gerakan menampar. Gerakan ini memiliki sasaran dada bagian samping atau bagian kepala.
cara melakukan tendangan sabit dapat dilihat dari pergaan master woo dibawah ini.



3.  Tendangan T / Yoko geri / yeop chagi
     Tendangan ini merupakan tendangan tingkat menengah yang harus dikuasai seorang pendekar. Pelaksanaannya hamir sama dengan tendangan sabit pada gerakan pertama, perbedaan hanya terletak pada eksekusi akhir yaitu kaki yang menendang tidak diayunkan, namun di gerakkan lurus kedepan dengan mengarahkan tumit dan bagian sisi luar kaki ke arah lawan dan badan sedikit dicondongkan ke belakang untuk menyeimbangkan badan. tendangan T dapat di lihat di bawah ini.


itulah beberapa tendangan dasar dan menengah dalam beladiri.










 
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar