Infopreneur Sukses 728x90

Sabtu, 23 April 2016

Cara Memperkuat Pukulan Swing/ Uppercut

 Pada postingan sebelumnya saya telah menjelaskan tentang bagaimana cara melatih teknik pukulan swing. Nah sekarang saya akan menjelaskan tentang cara memperkuat pukulan swing/uppercut.

Memperkuat pukulan artinya adalah menambah power pada gerkan tersebut. Power adalah suatu yang mutlak di perlukan dalam suatu gerakan beladiri khususnya untuk penyerangan. Otot yang sering dilatih maka akan menghasilkan power yang seuai dengan latihannya. semakin sering dilatih maka semakin kuat otot tersebut asalkan latihan tidak melampaui kemampuan otot.


Teknik melatih otot untuk pukulan sama halnya dengan gerakan-gerakan yang kita lakukan di tempat fitness seperti mengangkat barbell dan sebagainya. namun, perbedaan latihan fitness (memperbesar otot) dan gerakan beladiri adalah pada speed gerakannya. gerakan latihan yang kita lakukan berpengaruh pada kebiasaan otot kita. misalkan, kita sering latihan dengan gerakan cepat maka otot kita akan senantiasa terbiasa dengan gerakan tersebut sehingga kita mampu melakukan gerakan cepat. namun, lihatlah para binaragawan yang ototnya terlalu besar gerakannya kaku dan lambat.

Didalam beladiri otot yang besar tidak disarankan, memang otot besar memiliki power yang kuat namun otot besar memiliki kelemahan yaitu speed yang kurang baik. lihatlah para atlet karate, silat dan taekwondo, mereka juga melakukan olahraga yang namanya fitness namun, otot mereka terlihat biasa saja. kenapa? hal itu terjadi karena gerakan yang mereka lakukan cenderung lebih cepat dari olahraga pembentukan otot. sehingga hasil yang didapat adalah otot yang kuat dengan massa yang lebih sedikit sehingga gerakan yang dilakukan tidak kaku.

Okelah setalah ngoceh panjang lebar sekarang kita masuk ke intinya yaitu cara melatih kekuatan pukulan swing uppercut. cekibro!!
  • Lakukan pemanasan dan peregangan khususnya otot tubuh bagian atas dan lebih baiknya seluruh bagian tubuh untuk menghindari cidera. 
  • Latih otot bisep dengan cara mengangkat dumbell dengan berat sesuai kemampuan anda.
  • Lakukan gerakan mengangkat dengan cara tanngan di luruskan kebawah dan telapak tangan menghadap kedepan kemudian melakukan gerakan mengangkat dimana lengan bagian atas tidak bergerak dan poros gerakan hanya di persendian siku.

  • gerakan mengangkat bisa dilakukan full atau membentuk sudut 90 derajat.
  • Lakukan dengan tangan yang bergantian dan dua buah dumbell.
  • Gerakan semakin lama semakin cepat dan jika kelelahan gerakan boleh sedikit diperlambat.
  • Atur nafas ketika melakukan gerakan seperti menarik nafas dalam-dalam ketika mengangkat dan membuang nafas ketika turun. 
  • Ketika melakukan gerakan menurunkan beban gerakan harus pelan dan dirasakan sedangkan pada saat mengangkat beban gerakan harus cepat.
  • setelah itu lakukan teknik gerakan pukulan uppercut dengan posisi dumbell masih di tangang. 
  • jika dirasa cukup dan otot terasa pegal maka segera istirah. latihan harus bertahap dan tidak boleh langsung di genjot ke tahap yang berat.
  • Lakukan latihan rutin. dan semangat!!
  • sering-sering memukul sasaran seperti sandsak dll.
Ada masih banyak lagi cara melatih kekuatan pukulan swing/uppercut. namun saya hanya sanggup menulis cara ini. pegel ngetik bos.haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar