Infopreneur Sukses 728x90

Jumat, 22 April 2016

Cara Melatih Teknik Pukulan Swing

Oke sobat pendekar.. kali ini mimin kemabali lagi berbagi tentang cara melatih teknik pukulan yang sebelumnya sudah pernah saya tulis mengenai cara melatih teknik pukulan lurus pada postingan sebelumnya. kali ini saya akan membahas tentang cara melatih teknik pukulan swing atau yang biasanya pada beladiri MMA dan Boxing dikenal dengan uppercut. Uppercut bergunan untuk teknik penyerangan yang mengarah ke dagu dan ulu hati selain itu juga berfungsi untuk membuka pertahanan lawan yang berupa double hands defends (pertahanan dua tangan di depan muka).


Baiklah saya akan menjelaskan sekilas mengenai teknik pada gerakan pukulan swing dan cara melatihnya teknik pukulan swing. Pada dasarnya gerakan pukulan swing adalah gerakan mengayunkan tangan dari pinggang menuju ke arah atas (sasaran) dengan siku membentuk sudut lebih kurang 90 derajat. arah telapak tangan menghadap ke atas dan telapak tangan menggenggam seperti pada teknik pukulan lurus. tangan yang mengenai sasaran adalah bagian mata tangan (mata tangan jari telunjuk dan jari tengah) simpel dan sederhana namun jika dilakukan dengan gerakan berpower dan teknik yang tepat maka hasilnya sangat berbahaya.

Untuk mengetahui cara melatih teknik dan reflek pukulan swing/uppercut maka ikuti beberapa langkah berikut ini.
  • Seblum memulai latihan sebaiknya melakukan pemanasan dan peregangan khususnya tubuh bagian atas. Alangkah lebih baiknya lagi jika melakukan peregangan seluruh tubuh sebelum melakukan latihan untuk menghindari cidera.
  • Setelah pemanasan dan peregangan dirasa cukup maka selanjutnya adala memposisikan tubuh dengan kuda kuda tengah. Mengenai kuda-kuda lebih jelasnya cek di postingan sebelumya Teknik Dasar Kuda-Kuda
  • Posiskan kedua tangan kiri dan kanan di bagian pinggang dan keadaan tangan dikepal dengan telapak tangan mengarah keatas.
  • Gerakkan tangan secara pelan namun dengan teknik yang benar. gerakan tangan diayunkan ke atas jika dilihat dari samping lintasan kepalan tangan membentuk garis lengkung 1/4 lingkaran dengan poros gerakan di sendi bagian lengan atas.
  • Gerakan dilakukan secara bergantian dan semakin lama gerakan semakin di percepat dengan power yang ditambah namun tetap menjaga teknik gerakan.
  • ulang terus sampai tangan terasa pegal dan jika merasa sudah tidak kuat, istiraat sejenak dengan posisi kuda-kuda tengah atau bisa juga lari kecil.
Okelah sobat pendekar. inilah tips dan cara melatih teknik pukulan swing dari mimin yang bisa mimin share untuk Cara Memperkuat Pukulan Swing/ Uppercut nanti akan mimin share di postingan selanjutnya. sekian dulu terimakasih, selamat berlatih. Salam Pendekar.. !!

pantau terus beladiripendekar.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar