Infopreneur Sukses 728x90

Jumat, 15 April 2016

Gerakan Dasar Beladiri

Beladiri merupakan suatu gerakan yang diciptakan untuk melumpuhkan musuh. semua orang tua atau pun muda bisa melakukan gerakan-gerakan beladiri. namun, yang membedakan antara praktisi beladiri dengan orang awam
akan beladiri adalah pada teknik dan power dari gerakan tersebut. seseorang jika hanya mengandalkan power yang ada tanpa mengetahui teknik yang tepat maka hasilnya akan kurang sempurna begitu juga sebaliknya. namun, jika power dan teknik dilatih secara bersama maka gerakan sederhana akan dahsyat hasilnya.

Secara umum gerakan beladiri pada dasarnya hanya 4 macam yaitu pukul, tendang, tangkap dan tangkis. namun kombinasi dari ketiga gerakan tersebut menghasilkan banyak jurus dan variasi gaya dari suatu pertarungan. suatu aliran beladiri dicirikan dari gerakan dominan dari keempat gerakan tersebut. misalnya pada aliran beladiri Taekwondo menggunakan gerakan dominan yang mengeksplorasi pada teknik penggunaan kaki. lain lagi pada aliran beladiri Boxing yang hanya mengandalkan pukulan untuk melumpuhkan lawan. Aikido mengandalkan tangkisan dan tangkapan (kuncian) untuk melumpuhkan musuh. selanjutnya pada aliran beladiri Silat dan Karate yang banyak mengkombinasikan keempat gerakan tersebut dengan porsi yang hampir seimbang.

Semua jenis aliran beladiri memiliki tujuan yang sama yaitu melindungi diri dari serangan lawan dan melumpuhkan lawan seketika. namun, setiap aliran beladiri memiliki ciri khas masing-masing yang menjadi daya tarik tersendiri bagi praktisinya. contohnya karate dengan gerakan patah-patah terkesan tegas dan bertenaga lain halnya dengan pencak silat yang memiliki gerakan lincah, lembut yang terkesan seperti menari namun sebenarnya merupakan gerakan mematikan. itulah suatu karakter yang unik dari setiap beladiri di dunia ini. 

Kembali lagi ke LAPTOPPPP EAAAKKK :D
jadi dari keempat gerakan tersebut akan di jelaskan lebih lanjut sbb:
  1. Pukulan, merupakan gerakan yang dilakukan oleh tangan manusia untuk menyerang organ vital tertentu pada lawan. pukulan memiliki berbagai macam jenis jika didunia silat dapat dinamai dengan istilah yaitu tonjokan, totokan, karat, colokan, bandulan dan lain sebagainya. pukulan yang efektif memiliki arah ke bagian titik vital (pressure point) bagian atas tubuh lawan. namun, di beberapa aliran pencak silat gerakan pukulan juga bisa ditujukan pada bagian bawah tubuh lawan. sasaran yang umum diserang dengan pukulan yang memiliki dampak yang sangat riskan yaitu mata, telinga, leher, rahang bawah, pelipis, beberapa titik bagian kuduk (leher belakang), persendian lengan, titik di bawah ketiak, otot bisep (melumpuhkan serangan lawan sementara), dan ulu hati.
  2. Tendangan, merupakan gerakan yang dilakukan oleh tangan manusia untuk menyerang dan melumpuhkan lawan. Tendangan memiliki berbagai jenis diantanya tendangan depan, tendangan samping, tendangan belakang, tendangan mutar, dengkulan, sapuan dan lain sebagainya. untuk ingin menguasai teknik tendangan yang bervariasi pada latihan beladiri taekwondo memiliki berbagai variasi tendangan yang memukau. namun beladiri lainnya juga memiliki teknik yang hampir sama dengan taekwondo seperti karate, silat dan muay thay. pada umumnya serangan efektif dari tendangan adalah bagian bawah dari tubuh lawan. namun, dengan latihan khusus tendangan juga bisa digunakan pada bagian atas tubuh lawan seperti untuk menyerang kepala dan leher. sasaran utama dari tendangan adalah persendian lutut, otot paha bagian luar dan dalam, kemaluan :'''((( , perut, dada dan ulu hati.
  3. Tangkisan, merupakan gerakan yang digunakan untuk menghalau serangan lawan agar efek yang di timbulkan oleh serangan tersebut tidak berdampak langsung pada bagian tubuh kita. tangkisan berguna meminimalisir dampak serangan lawan jika seandainya dengan serangan tersebut menyebabkan luka atau cidera maka dengan adanya tangkisan hal tersebut terminimalisasi sehingga hanya sedikit tergores atau bahkan tidak ada sama sekali. pada beladiri tertentu tangkisan tidak hanya menggerakkan tangan atau kaki untuk menghalau tapi juga disertai dengan elakan atau pergerakan tubuh dengan cara memutar tubuh dll.
  4. Tangkapan, Tangkapan merupakan gerakan tangan untuk menangkap serangan lawan diikuti dengan teknik kuncian atau bantingan. teknik tangkapan banyak digunakan pada beladiri aikido dan silat dimana pada gerakan ini memanfaatkan tenaga lawan untuk melakukan eksekusi selanjutnya. namun jika tangkapan sudah menjadi suatu kemahiran maka eksekusi selanjutnya akan lebih mudah dilakukan. serangan yang ditangkap dapat berupa tendangan maupun pukulan atau langsung memegang badan dari lawan seperti pada beladiri judo dan brazilian jiujitsu. penggunaan teknik dasar ini biasanya dilakukan oleh praktisi yang sudah lebih terlatih dan sangat berpenganlaman dikarenakan reflek untuk menangkap sedikit lebih susah dibandingkan tangkisan. jika teknik dan timing yang dilakukan kurang tepat maka hasilnya akan kurang maksimal dan bisa saja menyebabkan serangan berbalik arah.
     
Demikianlah dasar gerakan beladiri yang sebenarnya merupakan gerakan yang bisa dilakukan sehari-hari. latihan adalah kunci untuk mempertajam gerakan sederhana untuk hasil luar biasa. Salam Pendekarr!!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar