Infopreneur Sukses 728x90

Senin, 18 April 2016

Teknik Dasar Kuda-Kuda 2

Ditinjau dari bentuknya kuda-kuda dapat di kelompokkan kedalam beberapa macam kuda-kuda yaitu sebagai berikut :

1. Kuda-kuda depan lurus
Berat badan di topang pada kaki bagian depan. antara ujung ibu jari kaki dan lutut bagian depan jika ditarik garis lurus secara vertikal akan sejajar. kaki yang dibelakang lurus tapi tidak dikunci tetap harus ada sedikit ruang antara tungkai atas dan bawah. telapak kaki depan dan belakang berada pada satu garis lurus.



2. Kuda-kuda depan serong
Sama halnya dengan kuda-kuda depan lurus namun ketika ditarik garis lurus horizontal dari depan ke belakang akan terlihat serong antara telapak kaki depan dan belakang.

3. Kuda-kuda belakang
Kuda-kuda jenis ini, sering digunakan dalam pertandingan khusunya pencak silat. berat badan 80% berada pada kaki bagian belakang dan kaki bagian depan berfungsi sebagai penyeimbang tubuh. Antara pantat dan tumit bagian belakang harus berada pada satu garis lurus dan lutut kaki depan maupun belakang ditekuk agar diperoleh kestabilan tubuh.

4. Kuda-kuda samping
Berat badan sebagian besar ditopang oleh tubuh bagian kaki yang menekuk. kaki lainnya lainnya lurus namun tidak terkunci pada bagian lutut. telapak kaki yang lurus agak masuk kedalam membentuk sudut 30 derajat. demikian pula telapak kaki yang tertekuk.

5. Kuda-kuda tengah
Kuda-kuda tengah yang jika dilakukan dengan posisi rendah mempunyai kestabilan yang sangat baik. hal ini disebabkan karena kaki seolah tertanam dilantai. Sangat baik digunakan sebagai awalan teknik sapuan rebah. berat badan oleh kedua kaki.

Untuk belajar teknik dan memperkuat pukulan baca posting dibawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar