Infopreneur Sukses 728x90

Jumat, 15 April 2016

Teknik Dasar Kuda-Kuda

Kuda-kuda adalah sikap pasang atau sikap siap sedia seorang pelaku beladiri dengan memposikan kaki kedepan, kesamping atau serong tergantung jenis kuda-kuda yang dilakukan. sikap kuda-kuda didukung dengan posisi tangan yang mantap dan siap dalam kondisi diserang maupun menyerang. kuda-kuda yang bagus adalah kuda-kuda yang kokoh dengan power serangan yang kuat dan speed yang bagus. berdasarkan tinggi kuda-kuda semua kuda-kuda apapun jenisnya dibedakan menjadi 3 jenis yaitu
tinggi, sedang dan rendah. Dari berbagai macam jenis kuda-kuda memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Baiklah, kita akan jelaskan keuntungan dan kerugian dari kuda-kuda tersebut.


https://account.ratakan.com/aff/go/raja_maskahar/?i=464

Kuda-kuda tinggi adalah kuda-kuda serang. kenapa demikian? kuda-kuda serang memiliki keuntungan dimana dengan kuda-kuda tinggi kita dapat melakukan gerakan dengan cepat dan leluasa namun power dan pertahanan yang lebih lemah. dengan kuda-kuda tinggi maka kita dapat melakukan serangan dengan kecepatan tinggi khususnya pada gerakan tendangan. power dari kuda-kuda tinggi dengan teknik tertentu bisa saja menghasilkan  power yang lebih kuat. beladiri yang banyak menggunakan kuda-kuda jenis ini dalam melakukan serangan adalah taekwondo. kerugian dari kuda-kuda jenis ini adalah tumpuan dari badan yang kurang kokoh sehingga dengan sapuan pada bagian kaki akan menyebabkan jatuh tersungkur. 



Kuda-kuda rendah adalah kuda-kuda bertahan. dikatakan bertahan karena dengan kuda-kuda jenis ini maka petarung memiliki pijakan yang lebih kokoh sehingga tidak mudah tumbang saat diserang. selain itu, penggunaan kuda-kuda rendah/bertahan memiliki power serangan yang sangat kuat dengan speed yang lambat. power yang kuat disebabkan karena ancang-ancang gerakan dari kuda-kuda lebih lebar. diibaratkan seperti busur, semakin jauh anak panah ditarik ke belakang maka akan semakin jauh pula lontarannya. begitulah kira-kira. kendati demikian, sekuat apapun power dari suatu serangan jika tidak didukung dengan speed yang bagus maka serangan tersebut akan terpatahkan oleh lawan alias tidak kena. Disarankan penggunaan kuda-kuda tinggi dan rendah dapat dikombinasikan saat menyerang dan bertahan.



Kuda-kuda sedang adalah kuda-kuda yang menggabungkan dua keuntungan dari kuda-kuda tinggi dan rendah. Penggunaan kuda-kuda sedang kita dapat menyerang sekaligus bertahan sehingga banyak keuntungan yang didapat dari penggunaan jenis kuda-kuda ini. Keuntungan dari kuda-kuda sedang adalah memiliki power serangan yang kuat, speed yang bagus dan pertahanan yang efektif sehingga kuda-kuda jenis ini sangat dianjurkan. tokoh beladiri yang sangat terkenal di dunia beladiri yaitu Bruce Lee (bukan Lee min Ho.haha) marekomendasikan penggunaan kuda-kuda jenis ini karena memiliki keuntungan tersebut diatas.

Begitulah klasifikasi kuda-kuda berdasarkan tinggi dari kuda-kuda tersebut. Nanti akan dijelaskan lagi mengenai klasifikasi kuda-kuda berdasarkan bentuk pola kaki dan tangan di postingan selanjutnya. Semangat Beladiri Para Pendekar!!! Fight!!!

Untuk teknik dasar kuda-kuda di tinjau dari bentuknya dapat dilihat pada postingan di bawah ini.

Teknik Dasar Kuda-kuda 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar