Infopreneur Sukses 728x90

Minggu, 17 April 2016

Cara Melatih Pukulan Lurus

Setiap aliran beladiri memiliki teknik pukulan yang bervariasi. pukulan sangat diandalkan dalam suatu pertarungan atau perkelahian. seperti yang kita lihat di pertarungan mix marttial arts (MMA) penggunaan pukulan lebih dominan dibandingkan tendangan. kenapa demikian? hal ini disebabkan gerakan pukulan tidak mengurangi keseimbangan tubuh karena kudua kaki penopang masih dalam posisinya. tubuh yang kurang seimbang ketika menyerang dapat dengan mudah dijatuhkan. oleh sebab itu, pukulan lebih dominan di gunakan di pertarungan MMA. untuk memerkuat dan melatih teknik pukulan lurus mari kita simak kiat-kiat dalam melatih pukulan lurus.

pukulan depan, pukulan lurus atau sering juga diistilahkan dengan jep adalah pukulan yang sering digunakan dalam perkelahian karena sasaran dari pukulan tersebut adalah bagian kepala dan ulu hati. cara melakukan pukulan lurus adalah sebagai berikut:
  •  Lakukan pemanasan/peregangan sebelum latihan (wajib dilakukan)
  • sikap dan posisi badan kuda-kuda tengah (posisi kaki berada di samping kiri dan kanan sedikit melebar dan lutut membentuk sudut 90 derajat)
  • posisikan kedua tangan di pinggang dan telapak tangan dikepal dengan posisi telapak tangan menghadap keatas
  • gerakkan tangan lurus kedepan dengan power dan kepalan telapak tangan diputar menghadap kebawah setelah tangan hampir mencapai target sasaran
  • tarik kembali tangan menuju pinggang seperti posisi semula.
  • gerakkan tangan kiri dan kanan secara bergantian. 


Gerakan pukulan diatas adalah gerkan latihan pukulan agar teknik pukulan pada saat digerakkan benar dan efektif sehingga power yang dikeluarkan tidak terbuang percuma. pada praktek perkelahian nyata, penggunaan teknik pukulan tetap sama namun tidak terpaku pada kondisi diatas / lebih dinamis. jika latihan yang dilakukan sudah benar maka refleks gerakan sesuai dengan teknik akan tercipta dengan sendirinya.

Selanjutnya adalah kiat-kiat melatih pukulan agar lebih kuat dan keras. berikut kiat-kiatnya :
  • latihan push up. berguna untuk memperkuat otot lengan yaitu otot trisep sehingga pukulan yang di lancarkan lebih cepat dan keras. latihan push up yang dilakukan disarankan dengan gerakan yang cepat. kenapa demikian karena jika gerakan push up yang anda lakukan adalah gerakan lambat maka otot anda akan terbiasa dengan gerakan lambat. namun jika anda melakakukan dengan gerakan yang cepat maka otot juga terbiasa dengan gerakan cepat sehingga pukulan yang dilancarkan lebih cepat dan bertenaga. gerakan push up yang lambat hanya berguna untuk memperbesar otot bukan meningkatkan speed pukulan. satu lagi, push up dilakukan dengan cara mengepal tangan dan hindari mata jari kelingking dan jari manis menyentuh lantai karena ditakutkan mengganggu saraf mata.
  • latihan senam tangan, latihan senam tangan adalah menggerakkan tangan dengan posisi kuda-kuda tengah dan kedua tangan di rentangkan lurus kesamping. tangan yang di rentangkan lurus tersebut ditahan selama 10 menit. kemudian setelah melakukan senam menahan tangan 10 menit gerakan selanjutnya adalah melakukan gerakan mengepal dan membuka kepalan secara berulang-ulang selama 15 menit. gerakan yang dilakukan semakin lama semakin cepat. jika dirasa pegal di bagian bahu dan lengan maka gerakan diperlambat. selanjutnya dengan posisi tangan di rentangkan gerakan dilakukan adalah gerakan seperti sayap burung dengan cara menggerakkan tangan memutar seperti terbang.
  • melakukan pukulan pelan ke tembok semen dengan cara perlahan. hal ini bertujuan agar pukulan yang mengenai sasaran tidak terasa sakit. karena akan merepotkan jika pata saat pertarungan tangan yang melakukan pukulan mengalami kesakitan.
  • berlatih dengan sansak, bertujuan untuk menghindari cidera karena memukul kosong (tanpa sasaran) dan sering berlatih menggunakan sansak dapat melatih reflek menyerang dan kalkulasi jarak serangan lebih baik. sehingga serangan yang dilancarkan tidak meleset.
itulah kiat-kiat yang dapat saya bagikan dalam melatih pukulan depan. masih banyak lagi teknik dan cara latihan untuk melatih pukulan. untuk mempelajari teknik pukulan lebih lanjut dan professional maka berlatih ke tempat latihan beladiri adalah solusinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar